Novel Tetralogi Laskar Pelangi

Siapa yang tak kenal dengan Andrea Hirata. Sang novelis terkenal yang 3 novel dari tetralogi Laskar Pelangi sudah di filimkan dan sukses di pasaran. sebuah novel yang menceritakan bagaimana kehidupan di pulau belitong. Perjuangan seorang anak bernama Ikal hingga menjadi seorang yang sukses.

Andrea Hirata bernama asli Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun atau biasa dipanggil Ikal. Lahir di Belitong, 24 Oktober 1967. Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains--fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya. Andrea mendapat beasiswa program master di Universitas Sheffield Hallam, Britania Raya. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi ilmiah.

Laskar Pelangi 

Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD & SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.
Tetapi keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.
Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.
Buku ini tercatat sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.
Kilasan Tetralogi Laskar Pelangi :
*.Tetralogi Laskar Pelangi #1: Laskar Pelangi
-----
Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka.

Sang Pemimpi

Novel ini bercerita tentang sebuah lantunan kisah kehidupan yang memesona dan akan membuat Anda percaya akan tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi dan pengorbanan, lebih dari itu, akan membuat Anda percaya kepada Tuhan.
Andrea akan membawa Anda berkelana menerobos sudut-sudut pemikiran di mana Anda akan menemukan pandangan yang berbeda tentang nasib, tantangan intelektualitas, dan kegembiraan yang meluap-luap, sekaligus kesedihan yang mengharu biru.
 








Edensor

Novel ini bercerita tentang petualangan Ikal dan Arai di Eropa.Setelah berhasil memperoleh beasiswa ke Prancis, Ikal dan Arai mengalami banyak kejadian yang orang biasa sebut sebagai kejutan budaya. Banyak kebiasaan dan peradaban Eropa yang berlainan sama sekali dengan peradaban yang selama ini mereka pahami sebagai orang Indonesia, khususnya Melayu.












Maryamah Karpov
 
Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Sudut-sudut dunia telah dia kunjungi demi menemukan A Ling. Apa pun Ikal lakukan demi perempuan itu. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar. Dapatkah keduanya bertemu kembali?








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar