Novel Tetralogi Laskar Pelangi

Siapa yang tak kenal dengan Andrea Hirata. Sang novelis terkenal yang 3 novel dari tetralogi Laskar Pelangi sudah di filimkan dan sukses di pasaran. sebuah novel yang menceritakan bagaimana kehidupan di pulau belitong. Perjuangan seorang anak bernama Ikal hingga menjadi seorang yang sukses.

Andrea Hirata bernama asli Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun atau biasa dipanggil Ikal. Lahir di Belitong, 24 Oktober 1967. Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains--fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya. Andrea mendapat beasiswa program master di Universitas Sheffield Hallam, Britania Raya. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi ilmiah.

Laskar Pelangi 

Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD & SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.
Tetapi keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.
Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.
Buku ini tercatat sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.
Kilasan Tetralogi Laskar Pelangi :
*.Tetralogi Laskar Pelangi #1: Laskar Pelangi
-----
Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka.

Sang Pemimpi

Novel ini bercerita tentang sebuah lantunan kisah kehidupan yang memesona dan akan membuat Anda percaya akan tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi dan pengorbanan, lebih dari itu, akan membuat Anda percaya kepada Tuhan.
Andrea akan membawa Anda berkelana menerobos sudut-sudut pemikiran di mana Anda akan menemukan pandangan yang berbeda tentang nasib, tantangan intelektualitas, dan kegembiraan yang meluap-luap, sekaligus kesedihan yang mengharu biru.
 








Edensor

Novel ini bercerita tentang petualangan Ikal dan Arai di Eropa.Setelah berhasil memperoleh beasiswa ke Prancis, Ikal dan Arai mengalami banyak kejadian yang orang biasa sebut sebagai kejutan budaya. Banyak kebiasaan dan peradaban Eropa yang berlainan sama sekali dengan peradaban yang selama ini mereka pahami sebagai orang Indonesia, khususnya Melayu.












Maryamah Karpov
 
Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Sudut-sudut dunia telah dia kunjungi demi menemukan A Ling. Apa pun Ikal lakukan demi perempuan itu. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar. Dapatkah keduanya bertemu kembali?








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kekasih Terbaik

Kekasih Terbaik by Dwitasari

Zera, wanita penyuka puisi dan sastra, mencintai seorang pria dari masa kecilnya. Pria yang selalu dia impikan menjadi kekasih terbaik. Yoga nama pria itu. Berwajah blasteran Cina dengan mata sipit dan kulit putih, serta lekuk badan yang menandakannya dirinya sering ke gym.

Sayang, ketika Zera mengutarakan rasa cintanya ke Yoga, Yoga mengartikan lain. Ia menganggap bahwa rasa cinta dan sayang Zera sebagai bentuk persahabatan atau status kakak adik saja. Yoga lebih memilih Tasya, wanita cantik yang merupakan finalis Abang-None Jakarta, untuk dijadikan kekasihnya. Mereka memutuskan untuk menjadi sepasang kekasih, ketika Tasya putus dari pacarnya, Aif, yang selingkuh dengan wanita lain.

Awalnya, Tasya menjadikan Yoga sebagai pelarian, namun akhirnya ia benar-benar mencintai Yoga. Dan itulah yang manjadikannya posesif atas hubungan cintanya dengan Yoga. Melihat hal itu, hati Zera berkecamuk. Ingin segera memutuskan hubungan mereka berdua. Apalagi setelah Yoga menceritakan bahwa ia sudah tidak nyaman lagi dengan Tasya. Dan akan memutuskannya ketika mendapatkan pengganti wanita lain. Yoga takut kehilangan. Sebab, ia tidak mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtuanya yang selalu bertengkar dan menganggap dia idiot. Itu lantaran ia sering berdiam sendiri di kamar. Meretas website luar untuk dia hack (yang merupakan pesanan dari klien-nya).

Yoga pun meminta bantuan Zera untuk mencarikan wanita lain sebagai pengganti Tasya.  Mulai dari Riana yang ternyata sudah menjadi janda dan memiliki anak hingga Dellia, mantan kekasih Yoga di masa-masa SMP dulu.

Perasaan Zera tidak ikhlas akan hubungan Yoga dengan Dellia. Namun, ia tidak tega melepas Yoga ke tangan Tasya. Gadis sombong yang pernah melabrak dia dan menuduh kalau hubungan retak Tasya dan Yoga karena Zera. Alhasil, Yoga pun menjalankan peran ganda cintanya, Tasya dan Dellia (walaupun masih pendekatan).

Di tengah rasa cemburunya yang besar, Zera yang pernah meminta bantuan kepada Doni (lelaki yang pernah menyatakan cintanya, namun ditolak Zera) harus datang ke pembukaan pameran galeri lukisan Doni di Little Picasso. Pada acara galeri tersebut, Doni (pria yang cuek dengan rambut gondrong dan setelan senimanya) menyatakan cintanya untuk kedua kali kepada Zera. Tepat pada saat semua tamu undangan berkumpul. Zera harus menambahkan kata “dan Zera” setelah kata Doni di lukisan Le Reve II yang dipersembahkan khusus untuk Zera. Dan Zera, menerima Doni setelah semua tamu undangan sudah tidak ada lagi di Little Picasso.

Beberapa kali, Zera menerima lembar dan kartu berisikan puisi cinta. Semakin jadilah ia mencintai Doni. Ketika cintanya bersemi untuk Doni, Yoga hadir dan menyatakan cintanya. Ia mengaku kalau ia yang mengirimkan semua puisi tersebut.

Betapa kagetnya Zera ketika tahu kalau pria yang ia cintai sejak lama benar-benar berada di hadapannya dan menyatakan cintanya. Apakah Zera tetap memilih Doni atau justru melepasnya demi Yoga? Bagaimana dengan Dellia dan Tasya?

Zera yang akhirnya berteman baik dengan Tasya, selepas pemilihan Abang None Jakarta (dan memenangkan Tasya sebagai juaranya), mengalami kecelakaan mobil dan membawa mereka ke rumah sakit.

Zera ternyata harus rela kehilangan ingatan semuanya. Segalanya tentang cintanya. Doni maupun Yoga. Sementara Tasya, harus rela lumpuh dan meminta bantuan kursi roda. Dan kini, siapa kekasih terbaik mereka. Hanya kekasih terbaik yang akan hadir di kehidupan Zera maupun Tasya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jodoh Akan Bertemu

Jodoh Akan Bertemu by Lana Azim dan Dwitasari

Nia, istri siriku, fotomodel terkenal di Jepang. Engkau itu cantik, galak, aku cinta mati sama kamu. Ayumi, sahabat wanita Jepangku yang paling baik. Walaupun dia rela mengikhlaskan seluruh hati, pikiran, dan tubuhnya pada diriku, tapi aku yakin bahwa dia bukanlah tulang rusukku yang hilang itu. Dan Nurma, wanita berjilbab, hafal Qur`an, seorang dokter di kampung, adalah jodoh dari ayahku.

Sekarang, aku bingung, Nia. Harus bagaimana? Perlahan panasku mulai tinggi. Gema takbir pada malam penuh kemenangan ini samar-samar mulai tak terdengar lagi. “Nia, bismillah. Dengan ini aku nyatakan kamu aku cerai, talak satu. Maafkan aku. Maaf,” ucapku sekuat tenaga. Napasku masih tersengal berat mengucapkannya.

Nia diam. Suaranya tak terdengar lagi kecuali air mata yang menderai membasahi tubuhku yang kurasa. Dia masih memelukku erat, menggoncang-goncang tubuhku. Kupejamkan mataku dan tidur lemas dipelukannya. Dia mencengkeram kuat tubuhku. Aku tidak bercanda, katanya. Kamu memang tidak boleh becanda...

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Catatan Akhir Kuliah

Catatan Akhir Kuliah by Sam Skripsit

Skripsi dan Sam adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Benci tapi butuh. Benci tapi harus diselesaikan biar Mama nggak makin galau. Yep, skripsi itu kayak main game, ada tahap-tahapnya, ada rintangan yang harus ditaklukkan.

Stage 1:

Senang deh bisa kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang beken itu.

Stage 2:

Sam sadar kalau dia terjebak di jurusan yang salah. Dia mulai malas kuliah dan coba-coba mencari ilmu di luar perkuliahan dengan aktif berorganisasi.

Stage 3:

Sam dekat banget sama kedua sahabatnya di kampus, Sobari dan Ajeb. Suatu malam, saat Sam lagi fotocopy bahan UTS bareng Sobari, dia ketemu cewek bernama Kodok. Sam langsung suka!

Stage 4:

Perjuangan Sam terbagi antara merebut hati Kodok, dan satu arena terakhir yang paling menakutkan…

Final Stage:

SKRIPSI

“Skripsi memang susah, tapi tanpa hal susah, kita nggak akan banyak berubah.”




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ketika Saat Cinta Bersilangan

Ketika Saat Cinta Bersilangan  by Aiman Bagea

Hidup hanyalah abu-abu sebelum aku bertemu denganmu. Aku lupa cara mengeja tawa, dan aku lupa bagaimana cara berharap. Juga lupa bagaimana cara mencinta.

Ketika bertemu denganmu, tak kurasakan lagi ruang kosong dalam jiwaku. Bersamamu, waktu terasa berjalan cepat. Masih kuingat di antara sepoi angin pantai pada senja yang menua, kau katakan kau menyayangiku dan hatimu hanyalah untukku. Aku percaya....

Jika saja kita bisa memiliki satu hari lagi seperti ini, jika kita bisa mengulang waktu,
aku akan mempertaruhkan semua cinta yang kumiliki. Aku pun akan mempertaruhkan setiap helai rasa percaya yang ada untukmu.

Namun, kini, mengapa cinta ini terasa keliru, ketika kudapati ada hati lain yang tak bahagia karena kita?


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

You Are The Apple Of My Eye

You Are The Apple Of My Eye by Giddens Ko

Kau sangat kekanak-kanakan – Shen Jiayi
Sedikit pun kau tidak berubah, nenek yang keras kepala – Ke Jingteng

Semua berawal saat Ke Jingteng, seorang siswa pembuat onar, dipindahkan untuk duduk di depan Shen Jiayi, supaya gadis murid teladan itu bisa mengawasinya. Ke Jingteng merasa Shen Jiayi sangat membosankan seperti ibu-ibu, juga menyebalkan. Apalagi, gadis itu selalu suka menusuk punggungnya saat ia ingin tidur di kelas dengan pulpen hingga baju seragamnya jadi penuh bercak tinta. Namun, perlahan Ke Jingteng menyadari, kalau Shen Jiayi adalah seorang gadis yang sangat spesial untuknya.

Karena masa mudaku, semua adalah tentangmu...


Novel ini sudah di film kan, namun sayang banyak cerita yang berbeda dari novel aslinya. walaupun begitu novel dan filmnya sama-sama enak ditonton.







berikut adalah OST You Are The Apple Of My Eye

  1. Lin Yu Chun-ONE IN A MILLION
  2. YOUTH WITHOUT YOU
  3. GIRL'S PONY TALE
  4. Dang Cap Nhat-Those Years

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Rasaksa Dari Jogja

Rasaksa Dari Jogja, Novel by Dwitasari
 
Bianca tidak kenal cinta. Satu hal yang ia pelajari dari kedua orang tuanya adalah bahwa cinta itu omong kosong. Buktinya, mereka berdua hidup dalam relasi yang penuh kekerasan. Apa itu yang namanya cinta?

Bianca tidak paham cinta. Tapi, dinding kamarnya penuh dengan cerita-cerita tentang itu. Buku-buku itu seperti peta ke ranah fantasi bagi Bianca. Sebuah tempat asing, tempat Joshua mungkin tinggal di dalamnya.

Bianca tidak percaya cinta. Saat satu-satunya lonceng pemanggil ke arah sana telah direnggut sahabat terbaiknya. Joshua telah direbut Letisha. Belahan hatinya memilih pergi dengan belahan hatinya yang lain.

Bianca tidak punya cinta. Dengan itu ia pergi ke Jogja. Di kota itu seorang lelaki bertubuh tinggi besar mencoba memperbaiki remuk hatinya. Tapi apakah Bianca masih bisa percaya bahwa cinta bukan cuma barang jualan penulis-penulis saja?


Akhirnya setelah penantian panjang, novel ini akan dibuat film dengan judul yang sama. Film Rasaksa Dari Jogja ini akan diliris bulan Maret 2016 ini. ok kita tunggu filmnya ya.. apakah sama serunya dengan novelnya... Wait and See

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS