Perbedaan Mercedez-Benz dan Hino
Mercedes Benz dan Hino adalah dua merk chassis bus yang paling banyak
membanjiri jalanan di Indonesia. Mercedes Benz dari Jerman sedangkan
Hino dari Jepang, dua chasis ini tentunya memiliki karakteristik masing-masing.saat ini Mercedez Benz dan Hino saling bersaing di industri transportasi di Indonesia. dengan berbagai keluaran model.
Mercedez Benz sudah banyak mengeluarkan tipe chassis dari OF/mesin depan, OH1314, OH1518 Prima Intercooler, OH 1521, OH 1525, OH 1526, OH 1626, OH 1836, O500R, OC 500 RF 2542 (Tronton 2542).
Hino memiliki tipe bus seperti AK172 1974-1992 172PS 6443cc H06C, AK173 1985-1992 173PS 6443cc H06C, AK174 1986-1995 174PS 6443cc H06C, RK174 1988-1995 174PS 6443cc H06C, RK2HM 1990-1998 - 6728cc H07C, RK2HR 1991-2004 200PS 6728cc H07C-T (Turbo), AK176 1991-1997 176PS 6443cc EH700, AK3HR 1995-2007 190PS 7412cc H07D, RG1JN 1996-2005 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler), RG1JS 1997-2007 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler), AK1JRKA 2004-2007 210PS 7961cc JO8C-NA, AK8JRKA 2007-.. 215PS 7684cc J08E-UH (Turbo Intercooler), RK8JSKA 2007-.. 235PS 7684cc J08E-UG, RK8JSKA 2007-.. 260PS 7684cc Jo8E-UF (Turbo Intercooler).
Contoh Bus keluaran dari Mercedez Benz
Contoh Bus Keluaran dari HINO
HINO RN 285 dari Bus Harapan Jaya
HINO RK 260 dari Bus Chandra
Spesifikasi:
Hino RK8 R260
|
Mercedes Benz OH 1526
|
|
Mesin
|
||
Model
|
R260 (J08E-UF)
|
OM906LA
|
Tipe
|
Diesel 4 Stroke; 6 silinder inline turbocharger intercooler
|
Diesel 4 Stroke; 6 silinder inline turbocharger intercooler
|
Tenaga Maks (PS/rpm)
|
260 / 2500
|
260 / 2200
|
Isi Silinder
|
7684 cc
|
6374 cc
|
Max Torque
|
750nm @ 1500
|
950nm @ 1200 - 1600
|
Standard Emisi
|
Euro II
|
Euro III
|
Kopling
|
Single Dry Plate, with Coil Spring
|
Single Dry Plate, with Coil Spring
|
Transmisi
|
Manual 6 tingkat percepatan
|
G85-6, Manual (6 maju dan 1 mundur)
|
Oli Mesin
|
12,7 liter
|
28 Liter
|
Dimensi
|
||
Jarak Sumbu roda
|
6000mm
|
5960mm
|
Panjang Total
|
11270mm
|
11500mm
|
Total Lebar
|
2440mm
|
2498mm
|
Lebar Jejak Depan FR Tr
|
2040mm
|
1961mm
|
Lebar jejak Belakang RR Tr
|
1840mm
|
1882mm
|
Julur Depan FPH
|
2200mm
|
2200mm
|
Julur Belakang ROH
|
3070mm
|
3070mm
|
Ban dan Velg
|
10.00-20-14PR dan 20X7.00T-162
|
8.25 x 22.5 dan 11.00 R 22.5
|
Kemudi
|
||
Tipe
|
Integral Power Steering
|
Power Steering ZF 8097
|
Radius Putar
|
9.2
|
9.44
|
Suspensi
|
||
Tipe
|
Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring
|
Leaf Spring trapesoidal dengan peredam kejut dan stabilizer
|
Rem
|
||
Rem Utama
|
Full Air,with Two Circuit
|
Full Air,with Two Circuit
|
Rem Parkir
|
Spring Brake
|
Spring Brake
|
Rem Mesin
|
With On Exhaust Pipe
|
With On Exhaust Pipe
|
GVWR
|
14,2 ton
|
15 ton
|
Tangki Solar
|
270 Liter
|
300 Liter
|
Harga
|
Rp 609.000.000,-
|
Rp 647.000.000,-
|
Nah, itulah perbedaan Chassis Mercedez Benz dan Hino. semoga bermanfaat
SALAM BISMANIA, SALAM MEDAN BISSER, SALAM LINTAS TANPA BATAS
0 komentar:
Posting Komentar